Home > LAPORAN > CONTOH LAPORAN PENGUKUHAN OSIS SMA 1

CONTOH LAPORAN PENGUKUHAN OSIS SMA 1

HARI PERTAMA

Hari itu tanggal 5 September 2011, saya mengikuti pengukuhan osis 2011 di Taman Buah Mangunan Imogiri. Saya berangkat dari rumah pukul 05.20 WIB. Setiba di sekolah dalam hal ini adalah SMA 1 Bantul jam 05.55 WIB.  Di sekolah, sudah dating panitia dan juga teman-teman yang lain, namun aku bukanlah yang datang terakhir.

Di SMA 1 Bantul, kami menjalani registrasi di meja tamu. Juga menunggu persiapan panitia yang akan berangkat ke Taman Buah. Beberapa saat kemudian kita berangkat ke Taman Buah. Di perjalanan kami bersuka-ria.

Sesampainya di sana, kita istirahat sejenak. Kemudian lanjut membangun desa.  Acara membangun desa  ini seru. Salah satu manfaatnya  adalah meningkatkan kebersamaan kinerja osis yang baru. Setelah itu di

Lanjutkan upacara pembukaan. Setelah upacara pembukaan, kita lanjut ke materi-materi.

 

 

MATERI PERTAMA TENTANG KESEKRETARIATAN

Oleh: senior osis

Dalam materi kesekretariatan ini kita diajari mengenai cara membuat proposal kegiatan seperti:

  1. Try out sintesa
  2. Mos saba 2011

Untuk bagian-bagian dari proposal tersebut:

  1. Sampul
  2. Halaman pengesahan
  3. Latar belakang kegiatan
  4. Dasar kegiatan
  5. Nama kegiatan
  6. Tujuan kegiatan
  7. Sasaran kegiatan
  8. Macam kegiatan

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat proposal sponsorship

  1. Proposal harus semenarik mungkin.
  2. Proposal tidak harus seperti proposal ke sekolah atau ke instasi pemerintahan.
  3. Proposal harus lebih kecil dari pada kertas kuarto

 

Setelah membuat proposal kita juga diajari cara membuat surat perjanjian atau MOU antara OSIS dengan pihak seponsor yang kita datangi. Mesiki sulit, kita tidak boleh mengeluh saat mencari seponsor karena memang agak sedikit sulit. Namun jangan khawatir karena SMA 1 Bantul sudah terkenal.

 

Selain MOU atau surat perjanjian kita juga diajari cara membuat surat tugas OSIS. Surat tugas ini sangat penting jika digunakan untuk melaksanakan tugas ke luar sekolah atau ke instansi masyarakat lainnya.

 

Yang terakhir kita juga diajari membuat LPJ atau yang di kenal dengan Laporan Pertanggungjawaban. LPJ ini sangat penting ketika osis membuat suatu kegiatan yang melibatkan orang banyak atau suatu instansi. LPJ ini digunakan untuk menyampaikan evaluasi, pengunaan dana, dan lain sebagainya.

 

Kita calon osis diharuskan bisa membuat hal-hal di atas. Kita harus bisa memposisikan dirikita dimana kita dibutuhkan dalam OSIS atapun yang lainnya. Bukan hanya sekretaris yang harus bisa membuat hal di atas, namun semua pengurus osis harus bisa membuat hal-hal diatas.

Yang terakhir dalam materi ini, kita diharuskan membuat proposal suatu kegiatan. Suatu kegiatan yang nantinya akan dirumuskan dalam proker OSIS.

 

MATERI KE DUA “PEMBANGUNAN KARAKTER”

Oleh : Bpk. Sukarto

Setiap orang pasti mempunyai karakter.  Karakter adalah perangai, sifat, tabiat, watak seseorang yang melekat dalam diri seseorang. Karakter dibedakan menjadi dua:

  1. Negatif                        : Sombong, nakal, pemalas, pemarah.
  2. Positif              :  JUJUR, DISIPLIN, BERANI, SETIA, RAMAH,  BIJAKSANA

Orang yang memiliki karakter negative, maka akan merugikan orang lain juga. JIka memiliki karakter positif akan menambah cinta dan harga diri kita. Karakter positi tidak akan menyesatkan diri kita. Bahkan akan membantu kita dalam segala hal, seperti di dalam osis.

Ada bermacam-macam sumber karakter antara lain:

  1. Sumber adat istiadat
  2. Sumber agama

Kesimpulan dari materi kedua ini adalah setiap pengurus osis harus memiliki karakter positif. Karakter positi ini akan menyelamatkan dan memberikan keberuntungan dalam berbagai hal. Yakin dan percaya karena kita calon OSIS SABA.

 

MATERI KE TIGA “ KEPEMIMPINAN”

Oleh: Bapak Alwi Mahyuddin

Dalam berjuang disuatu organisasi harus didasari dengan keikhlasan. Harus aktif dan mencari setiap ridho Allah SWT agar mendapat sisi yang mulia di Akhirat kelak. Agar kelak masuk surga.

Dalam berorganisasi kita tidak boleh mencari keuntungan. Karena organisasi merupakan tempat kita berlatih menggerakkan masa di masyarakat kelak. Dalam berorganisasi kita juga dituntut memiliki pengorbanan yang tinggi. Pengorbanan tersebut antara lain:

  1. Pengorbanan waktu belajar
  2. Pengorbanan tenaga
  3. Pengorbanan pikiran
  4. Dan lain sebagainya.

Memiliki ketaatan yang tinggi terhadap Allah SWT adalah kunci sukses dalam segala hal. Termasuk berorganisasi. Kita pengurus osis juga diharapkan bahkan diharuskan memiliki rasa persaudaraan antara pengurus osis.

Seorang pemimpin juga harus mempunyai etika dalam kepemimpinannya. Pemimpin harus tekun menjalankan ibadah kepada Allah Yang Maha Esa. Harus rajin berdoa. Harus rajin menjaga kesehatan.  Menjaga makanan, bicara maupun harus memenuhi setiap janji. Harus memiliki ketenangan dalam bersikap, bertindak adil dalam segala hal. Dan juga harus bersikap bijaksana.

 

MATERI KE-EMPAT “KOMUNIKASI EEKTIF”

Oleh : bapak Sumardi

Osis adalah salah satu organisasi resmi yang ada di tigkat SMP dan SMA. OSIS atau organisasi intra sekolah ini memang satu-satunya organisasi resmi yang di tuangkan dalam UUD. OSIS sudah diakui oleh pemerintah.

Pengurus osis itu sangat penting. Setiap atau hampir sebagian besar orang besar lahir dari OSIS dan Aktifis kampus. Semua itu sudah terbukti.

Sekolah adalah sebagai tempat wiyata mandala. Atau yang sering kita dengar adalah tempat orang belajar meski belajar itu bisa di mana saja. Sekolah adalah tempat utama dari segala tempat menuntut ilmu. Osis diatur dalam pemendiknas tahun 2008 no 9.

 

Setelah kita mengikuti ulasan ke empat materi tersebut, pada hari kedua kita diuji oleh paniti penyelenggara OSIS untuk mempraktekkan materi-materi yang telah kita dapat pada hari pertama.

Kegiatan hari kedua adalah Olahraga. Kita setelah sholat subuh lari-lari atau jogging ke puncak. Begitu sejuk udara pagi itu.  Kita diajak melihat pemandangan-pemandangan sekitar taman buah mangunan. Begitu indahnya taman buah mangunan itu.

Setelah berolahraga kita lanjut ke aktifitas out bound. OUT BOUND kita sangat seru karena kita jalani dengan senang. Kakak-kakak nya juga asyik-asyik. Kita bisa memetik banyak hal dalam out bound ini seperti

  1. Kebersamaan
  2. Arti kerjasama
  3. Arti kepercayaan kepada teman
  4. Kecerdasan berikir
  5. Menjaga kepercayaan teman

 

Sungguh banyak kegiatan yang sangat bermanfaat dalam Pengukuhan Osis ini. Namun sayangnya saya harus kembali kesekolah untuk mengikuti tracking Dewan Tonti di Sekolah.  Untuk itu cukup sampai di sini dulu laporan dari saya. Banyak kurang dan salahnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekian dan terimakasih.

Categories: LAPORAN
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: